SOAL AND MATERI | Sandra nuralifah_2012
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SOAL AND MATERI

download
MICROSOFT EXCEL 

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses
perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
  3. Muncul Gambar 1.1

1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007




Gambar 1.1


Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan

Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul

Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja

yang aktif.


2) Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish 
dokumen.

3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.


4) Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.


5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.


1.3 Memulai Buat Dokumen

Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.



Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”           pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan                    dibawah ini:


# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel           dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.


2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1                      kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell  agar judul                    laporan terletak ditengah-tengah tabel.

# Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol        Bold  atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic .

3. Penggunaan AutoFill

Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.



Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.


Gambar 1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
# Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi              border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini ,              kemudia akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.

Gambar 1.4
# Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:
* Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai F15, kemudian klik panah pada tombol  dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.
SOAL-SOAL MICROSOFT EXCEL
1. Suatu daerah pada worksheet yang berbentuk segi empat dan merupakan tempat kumpulan beberapa sel disebut ….
a. sheet
b. column
c. range
d. pointer
e. gridline

2. Tombol manajemen berkas dokumen pada Microsof Office Excel berbentuk bulat dengan logo Office di tengahnya disebut .…
a. Excel Options
b. Office Button
c. Ribbon
d. Tilte Bar
e. Toolbar

3. Salah satu cara menyimpan wordbook pada excel adalah dengan menggunakan ….
a. Ctrl+B
b. Ctrl+P
c. Ctrl+C
d. Ctrl+V
e. Ctrl+S

4. Berikut ini yang merupakan alamat sel, yaitu .…
a. 84
b. 3F
c. B5
d. BB
e. F0

5. Ikon “save”, “redo”, dan “undo” merupakan bagian menu dari ….
a. Ribbon
b. Office Button
c. Status Bar
d. Quick Access Toolbar
e. Titlebar

6. Untuk mengubah satuan ukuran di dalam Excel, digunakan perintah ….
a. Start–Setting–Control Panel–Regional–Currency
b. Tools–Options–Print
c. Office Button–Open
d. Office Button–Excel Options–Save–Default File Location
e. Office Button–Excel Options–Advanced–Display–Ruler Units

7. Ikon “Undo” berfungsi ….
a. mencetak dokumen
b. menyimpan dokumen
c. membuka file
d. memotong bagian dari dokumen
e. membatalkan pengerjaan

8. Ctrl+P adalah shortcut key untuk memunculkan kotak dialog ….
a. Page setup
b. Customize
c. Heater
d. Format cells
e. Print

9. Fungsi dalam Excel yang digunakan menghitung rata-rata dari sekelompok nilai ….
a. SUM
b. AVERAGE
c. MAX
d. MIN
e. IF
10. Untuk memindahkan atau menyalin worksheet, menu yang harus dipilih setelah klik kanan pada tab sheet adalah ….
a. Delete
b. Rename
c. Select all sheet
d. Move or copy
e. Paste

11. Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah ….
a. Number
b. Alignment
c. Borders
d. Font
e. Fill

12. Menu yang harus dipilih untuk memperlebar atau mempersempit ukuran kolom pada worksheet adalah ….
a. Insert Sheet Column
b. Insert Sheet
c. Borders
d. Row Height
e. Column Width
13. Untuk menembah garis dalam Excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah ….
a. Insert Cells
b. Insert Sheet Rows
c. Insert Sheet Column
d. Insert Sheet
e. Insert Name

14. Berikut merupakan tombol yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu ….
a. Ctrl+B
b. Ctrl+I
c. Ctrl+U
d. Ctrl+S
e. Ctrl+O

15. Pengertian dari range adalah ….
a. pertemuan antara worksheet
b. pertemuan antara workbook
c. kumpulan sel sembarang
d. kumpulan sel berbentuk persegi panjang
e. pertemuan antara garis dan kolom
16. Fungsi utama program Microsoft Excel adalah …
a. Pengolah kata
b. Pengolah data angka
c. Mengelola dokumen
d. Berkomunikasi
e. Mencari informasi

17. Microsoft Excel merupakan program yang menggunakan system wysiwyg, yang mempunyai arti …
a. Apa yang di dapat akan dilihat
b. Apa yang dilihat sama dengan yang didapat
c. Apa yang diminati pasti akan didapati
d. Mempermudah dalam perhitungan
e. Membantu dalam menyelesaikan masalah

18. Worksheet adalah …
a. Kumpulan dari worksheet
b. Kumpulan beberapa sel
c. Pertemuan antara baris dengan kolom
d. Pertemuan antara sel dengan range
e. Lembar kerja dalam excel

19. Apa yang dimaksud dengan sel (Cell) dalam excel ?
a. Kumpulan dari worksheet
b. Kumpulan beberapa sel
c. Pertemuan antara baris dengan kolom
d. Pertemuan antara sel dengan range
e. Lembar kerja dalam excel

20. Apa yang dimaksud dengan Range dalam excel ?
a. Kumpulan dari worksheet
b. Kumpulan dari beberapa sel
c. Pertemuan antara baris dengan kolom
d. Pertemuan antara sel dengan range
e. Lembar kerja dalam excel

21. Dalam mengedit isi sel bisa dilakukan dengan menggunakan tombol …
a. F1 c. F2
b. F3 d. F4 e.F5

22. Yang termasuk tipe data dalam excel adalah …
a. Character, Numeric, Formula
b. Character, Numeric, Angka
c. Character, angka, Formula
d. Numeric, Character, Huruf/teks
e. Fungsi statistic, string, Logical

23. Dalam menuliskan rumus pada excel harus didahului dengan …
a. = c. &
b. + d. “ “ e. @

24. Dibawah ini merupakan yang tidak termasuk dalam perintah memulai Microsoft excel adalah …
a. Startprogrammicrosoft word
b. Doubleklik icon
c. Klik kanan icon , Open
d. Double klik pada file latihan fungsi logika.xls
e. Double klik pada folder excel

25. Fungsi dari File  Exit adalah …
a. Mengakhiri program
b. Membuka program
c. Menformat program
d. Menjalankan program
e. Menghapus program

26. Perintah untuk menggabungkan beberapa sel yang berdekatan dan data yang akan diformat rata tengah adalah ……….
a. Align Left
b. Align Right
c. Center
d. Merge and Center
e justify

27. Untuk menyisipkan Sheet setelah memilih menu Insert maka pilih sub menu ….
a. Work Sheet
b. Delet Sheet
c. Rename
d. Move or Copy Sheet
e.copy

28. Fungsi untuk perhitungan rata-rata menggunakan perintah ……….
a. Sum
b. Average
c. Count
d. Max
e. min

29. Untuk penulisan rumus jumlah di sel B2 dengan sel C2 yang benar di bawah ini adalah
a. +Sum(B2…C2)
b. =Sum(B2:C2)
c. =Sum(B2;C2)
d. =Sum(B2…C2)
e.=Sum(B2,C2)

30. Yang termasuk rumus untuk IF yang benar penulisannya adalah ……
a. IF(Perbandingan;Nilai jika benar,Nilai jika salah)
b. =IF(Perbandingan:Nilai jika benar:Nilai jika salah)
c. =IF(Perbandingan,Nilai jika benar:Nilai jika salah)
d. =IF[Perbandingan;Nilai jika benar;Nilai jika salah]
e. IF (SUM:AVERAGE)
31. Data type pada Ms. Access yang
digunakan khusus untuk menampilkan
type mata uang adalah ....
a. Number
b. Currency
c. Text
d. OLE Object
e. Money

32. Ekstensi yang digunakan pada
Ms.Excel adalah ....
a. *.cdr
b. *.xls
c. *.ppt
d. *.exl
e. *.pwt
33.  Secara default, dalam lembar kerja
Ms. Excel akan menampilkan ….
a. 1 sheet
b. 2 sheet
c. 3 sheet
d. 4 sheet
e. 5 sheet

34. Jumlah total baris dalam Ms. Excel…
a. 65535
b. 65536
c. 65636
d. 66535
e. 66636
35. Fungsi dalam Ms. Excel yang digunakan untuk membaca tabel secara horisontal adalah
a. HLOOKUP
b. VLOOKUP
c. VLOOK
d. HLOOK
e. LOOKUP
36. Strukur dari IF-THEN adalah ....
a. IF statemen kondisi
b. IF kondisi THEN statemen
c. IF statemen THEN kondisi
d. IF kondisi THEN kondisi
e. IF statemen THEN statemen
37. Function dari Ms. Excel yang digunakan untuk menghitung  number dari suatu interval dengan kondisi yang diinginkan adalah ....
a. COUNTIF
b. DCOUNT
c. SUMIF
d. SUM
e. COUNT
38. Function dari Ms. Excel yang digunakan untuk menghitung  jumlah karakter/text adalah
a. LENGTH
b. LEN
c. COUNT
d. SUM
e. DSUM
39. Pada diagram galerry di Ms. Excel terdapat type-type berikut ini, kecuali ....
a. Organization Chart
b. Cycle Diagram
c. Radial Diagram
d. Linear Diagram
e. Target Diagram
40. Berikut ini yang tidak terdapat pada menu Home adalah ..
a. cut
b. copy
c. paste
d. format painter
e. diagram
41. Berikut ini yang terdapat pada menu insert adalah
a. picture
b. copy
c. diagram
d. format painter
e. paste
42. Short key untuk save as pada lembar kerja excel adalah
a. F12
b. CTRL + S
c. ALT + F4
d. F4
e. F3
43. Yang terdapat dalam menu page layout adalah
a. Margins
b. save
c. save as
d function
e. autosum
44. Yang terdapat pada menu formula adalah
a. autosum
b. copy
c. paste
d. format painter
e. save
45. Yang digunakan untuk mengurutkan data dari A-Z adalah
a. sort ascending
b. sort descending
c. copy
d. paste
e. paint
46. Yang digunakan untuk mengurutkan data dari Z-A adalah
a. sort ascending
b. sort descending
c. copy
d. paste
e. paint
47. Menu yang digunakan untuk melihat tampilan sebelum di print adalah
a. print preview
b. printer
c. print
d. copy
e. paste
48. Short key untuk menebalkan huruf  pada excel adalah..
a. CTRL + B
b. CTRL + U
c. CTRL + I
d. CTRL + F
e. CTRL + S
49. Short key untuk memberi garis bawah huruf  pada excel adalah..
a. CTRL + B
b. CTRL + U
c. CTRL + I
d. CTRL + F
e. CTRL + S
50. Short key untuk mencetak miring huruf  pada excel adalah..
a. CTRL + B
b. CTRL + U
c. CTRL + I
d. CTRL + F
e. CTRL + S

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar